Barito.Net - Creating New Perspective

header-ad
header-ad
10 Daerah Rawan Terjadinya Gangguan Pemilu, Salah Satunya Jakarta

10 Daerah Rawan Terjadinya Gangguan Pemilu, Salah Satunya Jakarta

BARITO.NET - Polri telah melakukan pemetaan di sejumlah wilayah Indonesia yang memiliki kerawanan gangguan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019. Salah satunya DKI Jakarta, yang masuk dalam 10 besar kota rawan.

Adapun, 10 kota besar yang memiliki potensi ancaman gangguan Pemilu versi Polri adalah, Maluku Utara, Jakarta, Papua, NTT, Gorontalo, Maluku, Papua Barat, Aceh, Kepulauan Riau dan Sulawesi Tengah.

10 besar itu rawan dari lima dimensi,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, seperti dilansir dari Okezone, Selasa (19/2/2019).

Dedi menjelaskan, dalam pemetaaan wilayah kerawanan di Indonesia, cara pandang Polri berbeda dengan KPU. Polisi melihat potensi ancaman di setiap wilayah berdasarkan lima dimensi, yakni penyelenggara, fasilitasi, partisipasi, masyarakat, potensi gangguan Kamtibmas dan ambang gangguan Kamtibmas.

“Kalau dari KPU banyak dari sistem penyelenggaraan, kalau polisi lebih fokus kepada potensi kerawanan yang bisa terjadi setiap tahapan,” tutur Dedi.

Sementara itu, dikatakan Dedi, Kapolri telah menyebut ada beberapa daerah yang memiliki potensi konflik sosial ketika proses Pemilu pada saat pemungutan suara. Wilayah itu adalah, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara.

Kemudian, kerawanan di tingkat kabupaten yang rawan terjadi, di antaranya, Boven Digoel, Anambas, Halmahera Utara, Nduga, Puncak Jaya, Nabire, Waropen, Mambrano Tengah, Sarmi, Jayawijaya.

Sementara tingkat kota, gangguan pemilu rawan terjadi di Gorontalo, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Depok, Ternate, Langsa, Tidore, Banjar, Bengkulu dan DIY Yogyakarta. “Untuk tingkat kabupaten sebagian besar ada di Papua,” kata Dedi.

Sumber : Okezone

Barito

BARITO.NET adalah portal media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara.

Tinggalkan Komentar