101 tahun sejak kematian Sultan Abdulhamid II

BARITO.NET -  Sultan Abdulhamid II, sultan ke-34 Kesultanan Utsmaniyah, dikenang di Istanbul pada hari Minggu, 101 tahun sejak ia wafat.  

Abdulhamid II diperingati di distrik kota Cemberlitas, di mana kuburannya berada, dengan upacara yang dihadiri banyak orang, termasuk Coskun Yilmaz, direktur budaya dan pariwisata provinsi Istanbul, dan cucu sultan Abdulhamid Kayihan Osmanoglu.

Ayat-ayat Al-Qur’an dibacakan di dekat makamnya sebagai bagian dari peringatan, dan para hadirin berdoa untuk almarhum sultan.  

Dalam sebuah pernyataan tertulis, Ketua Parlemen Binali Yildirim menyebut Abdulhamid II sebagai “orang negara yang terhormat”, yang bertugas untuk rakyat dan negara selama 33 tahun.  

Yildirim mengatakan bahwa periode ketika ia harus berjuang dengan masalah besar juga merupakan tahun inovasi dan terobosan Kekaisaran Ottoman di bidang pendidikan dan transportasi serta kesehatan dan komunikasi. 

“Sultan Abdulhamid II juga diterima sebagai pendiri sistem parlementer dalam sejarah kita, meninggal di Istanbul pada hari-hari terakhir Perang Dunia I setelah hidup 3 tahun dalam isolasi di Thessaloniki,” katanya, menambahkan: “Aku mengingatnya dengan hormat.” 

Abdulhamid II, putra Sultan Abdulmecid, meninggal di Istana Beylerbeyi Istanbul pada 10 Februari 1918.

Sumber : Anadolu Agency


Post Terkait

Tinggalkan Komentar