Barito.Net - Creating New Perspective

header-ad
header-ad
Kurangi Ketergantungan Pada Dolar AS Rusia Memimpin Pembelian Emas Global

Kurangi Ketergantungan Pada Dolar AS Rusia Memimpin Pembelian Emas Global

BARITO.NET -  Jumlah emas yang dibeli oleh bank sentral global pada tahun 2018 mencapai total tahunan tertinggi kedua dalam catatan, menurut World Gold Council (WGC). Laporan itu mencatat bahwa Rusia membeli emas terbanyak tahun lalu. seperti dilansir dari RT, Senin, (4/2/2019).

Perusahaan riset industri mengatakan bahwa bank-bank sentral membeli emas terbanyak berdasarkan volume sejak 1967. Itu adalah jumlah terbesar sejak keputusan mantan Presiden AS Richard Nixon untuk mengakhiri patokan dolar menjadi emas pada tahun 1971.

Menurut WGC, pembelian bersih bank sentral mencapai 651,5 metrik ton pada 2018, 74 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya ketika 375 ton dibeli. Diperkirakan mereka sekarang memiliki hampir 34.000 ton emas.

“Ketidakpastian geopolitik dan ekonomi yang meningkat sepanjang tahun semakin mendorong bank sentral untuk mendiversifikasi cadangan mereka dan memfokuskan kembali perhatian mereka pada tujuan utama investasi dalam aset yang aman dan likuid,” kata laporan itu.

Ia mencatat bahwa Rusia memimpin karena terlihat untuk mengurangi ketergantungan pada cadangan dolar. Bank sentral Rusia (CBR) menjual hampir semua saham Departemen Keuangan AS untuk membeli 274,3 ton emas pada 2018, kata WGC.

Pembeli bank sentral besar lainnya adalah Turki, Kazakhstan, India, Irak, Polandia dan Hongaria.

Awal bulan ini, CBR melaporkan pembelian 8,5 juta troy ons emas pada periode Januari-November 2018. Dengan 67,6 juta ons emasnya Rusia menjadi pemegang kelima terbesar di dunia di belakang AS, Jerman, Prancis, dan Italia.

Ia juga mengatakan bahwa Rusia telah memotong bagian dari dolar AS dalam cadangan devisa negara itu ke level terendah bersejarah, mentransfer hampir $ 100 miliar ke dalam euro, yen Jepang, dan yuan Tiongkok. Langkah itu datang sebagai bagian dari kebijakan negara yang lebih luas untuk menghilangkan ketergantungan pada greenback.

Sumber : RT

Barito

BARITO.NET adalah portal media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara.

Tinggalkan Komentar