Mobil Listrik BYD Untuk Armada Bluebird Telah Diuji Tipe, Tesla Menyusul

BARITO.NET – Pengesahan regulasi resmi terkait LCEV yang akan menjadi payung untuk beberapa mobil bertenaga ramah lingkungan seperti mobil hybrid, plug in hybrid, dan mobil listrik memang belum kelar. Namun beberapa perusahaan yang bergerak di bidang otomotif sudah menyiapkan langkah jika nantinya regulasi ini goal, salah satunya adalah Bluebird sebagai salah satu perusahaan taksi terkemuka di Indonesia. Perusahaan taksi yang akrab dengan warna biru ini ternyata sudah memiliki beberapa mobil listrik yang sudah diuji tipe.

Mengutip dari laman otomotif Kompas, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setyadi, menyebutkan bahwa ada sekitar 40 hingga 50 mobil listrik milik armada Bluebird yang telah diuji tipe. Sedangkan Division of Engineering and Procurement Planning PLN, Zainal Arifin, membeberkan bahwa mobil tersebut adalah mobil lansiran BYD, merk asal China yang pada tahun lalu diisukan akan segera hadir di Indonesia. Nah, Zainal menyebutkan bahwa pihak PLN sendiri tengah menggarap instalasi listrik untuk pool Bluebird.

Yap, instalasi ini tentunya berkaitan dengan pengisian daya dari mobil listrik tersebut. Namun pihak PLN hanya mengurusi perihal instalasinya saja, sedangkan urusan unit station untuk pengisian daya merupakan urusan Bluebird. Menariknya, pihaknya juga membocorkan bahwa ada instalasi untuk fast charging milik Tesla yang dipersiapkan di salah satu pool Bluebird di kawasan Jakarta, wow. Tentunya menjadi sebuah berita yang mengejutkan jikalau Bluebird akan menggunakan unit mobil Tesla untuk armada taksinya.

Namun, akan lebih baik jika kita menantikan rilis resmi dari pihak Bluebird terkait hal ini. Yang jelas, Bluebird nampaknya ingin mencoba peruntungan baru di dunia transportasi dengan menawarkan mobil bertenaga listrik kepada masyarakat. Nah, lantas mobil apa yang kiranya akan digunakan oleh Bluebird dari BYD? Ternyata, mobil listrik milik BYD bukan hanya ada 1 atau 2 macam saja, namun lebih. Contohnya, BYD juga memiliki merk Denza sebagai salah satu merk satelit untuk menjual mobil listrik, dan untuk BYD sendiri, ada 3 mobil listrik yang digunakan sebagai armada taksi.

Ketiganya adalah BYD e3 yang berupa sebuah MPV 7 seater, lalu BYD e6 yang berupa hatchback, dan BYD e5 yang berupa sedan. Masing – masing memiliki jarak tempuh diatas 200 km untuk sekali pengisian dayanya. Nah, kami akan jelaskan tiap mobil di artikel terpisah ya. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?


Post Terkait

Tinggalkan Komentar