Barito.Net - Creating New Perspective

header-ad
header-ad
Pekan Depan Digelar Pemungutan Suara Ulang di TPS 1 Magelang

Pekan Depan Digelar Pemungutan Suara Ulang di TPS 1 Magelang

Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron

Magelang - Bawaslu Kota Magelang, merekomendasikan diadakan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 1 Kelurahan Magelang, Kecamatan Magelang Tengah. Hal ini karena ditemukan ada tiga orang ber-KTP luar daerah melakukan pencoblosan.

Ketua Bawaslu Kota Magelang, Endang Sri Rahayu mengatakan, rekomendasi dilakukan PSU karena ada tiga pemilih menggunakan e-KTP yang bukan penduduk setempat dan tidak memakai formulir A5.

"PSU dikarenakan ada 3 pemilih e-KTP yang bukan penduduk setempat dan tidak memakai A5. Ini ada di TPS 1 Kelurahan Magelang," katanya dalam pesan singkat, Sabtu (20/4/2019).

Menanggapi rekomendasi Bawaslu, Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amron mengatakan, di TPS 1 Kelurahan Magelang, ada tiga orang warga setempat yang KTP-nya bukan dari Kota Magelang ikut mencoblos.

"Di TPS 01 Kelurahan Magelang, itu memang ada 3 orang warga setempat, tapi ternyata KTP-nya bukan dari Kota Magelang. Jadi warga tersebut sudah 5 tahun tinggal di situ, tapi KTP-nya masih luar Kota Magelang. Pada hari pemungutan kemarin, datang menggunakan hak pilih," kata Basmar saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (20/4/2019).

"Di situ KPPS tahu ya orang sini karena sudah 5 tahun tinggal, mungkin karena kondisi capek, diperbolehkan memilih. Proses berjalan sampai dengan penghitungan suara. Saat penghitungan suara direkap ada selisih, antara surat suara dengan penggunaan hak pilih dan penggunaan surat suara, itu. Nah dicek kembali baru ketahuan kalau ada 3 pemilih oleh Bawaslu direkomendasikan untuk PSU, ya kami akan laksanakan," tegas Basmar.

Menyinggung perihal rencana PSU tersebut, katanya, KPU merencakan PSU di TPS 1 Kelurahan Magelang pada, Kamis (25/4/2019).

"Kita rencanakan tanggal 25 April. Rencana kita tanggal 25," ujarnya.

Adapun untuk TPS 1 Kelurahan Magelang ini jumlah DPT 280, kemudian A5 ada 1 pemilih dan yang menggunakan hak pilih 247, pada Rabu (17/4/2019).
(detik)

Barito

BARITO.NET adalah portal media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara.

Tinggalkan Komentar