Serangan Drone Israel di Lebanon Melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB

BARITO.NET - Di tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah. Drone Israel membom sebuah pangkalan Palestina di Lebanon timur dekat perbatasan dengan Suriah pada Senin pagi.

Serangan itu terjadi sehari setelah dugaan pesawat tak berawak Israel jatuh di kubu kelompok militan Lebanon Hizbullah di Beirut selatan, sementara yang lain meledak dan jatuh di dekatnya.

Presiden Libanon Michel Aoun mengatakan kepada Koordinator Khusus PBB untuk Libanon, Jan Kubis, bahwa serangan itu melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengakhiri perang 2006 antara Israel dan Hizbullah.

“Apa yang terjadi sama dengan deklarasi perang dan memberi kami hak untuk mempertahankan kedaulatan, kemerdekaan, dan keamanan tanah kami,” kata Aoun.

“Kami adalah orang-orang yang mencari perdamaian bukan perang, kami tidak menerima siapa pun untuk mengancam kami dengan cara apa pun.”

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan pada hari Senin bahwa PBB memperhatikan pernyataan Aoun dan menegaskan kembali seruan PBB untuk menghentikan pelanggaran resolusi Dewan Keamanan dan mengimplementasikan semua ketentuannya.

“PBB meminta para pihak untuk melakukan pengekangan maksimum, baik dalam aksi dan retorika,” kata Dujarric.

Sumber : englishalarabiya


Post Terkait

Tinggalkan Komentar